TATAKELOLA PROGRAM SOSIAL

STRATEGI CSR TERINTEGRASI DENGAN STRATEGI BISNIS

Implementasi CSR dewasa ini tidak hanya sekedar memberikan bantuan, sumbangan, dan dukungan kegiatan kepada komunitas dan stakeholder di sekitar perusahaan. Tetapi implementasi CSR merupakan upaya perusahaan untuk mengurangi dampak negatif dan mengoptimalkan dampak positif dari seluruh rantai bisnisnya kepada stakeholder yang terdampak dari kegiatan operasinya. Selain itu juga implementasi CSR juga perlu memberikan kontribusi terhadap pencapaian bisnis perusahaan ke depan dan memperkuat keunggulan perusahaan dibanding dengan pesaingnya. Untuk memastikan program CSR mengakomodir dua kepentingan tersebut, kami Interdev dapat membantu perusahaan anda untuk meningkatkan kinerja program CSR dengan beberapa produk yang kami tawarkan sebagai berikut:

  • Penyusunan Rencana Strategis / Blueprint CSR yang diintegrasikan dengan BSC perusahaan

  • Pemetaan Sosial dan Stakeholder yang mengacu ISO 26000 SR, PROPER, dan SDGs

  • Pendampingan program Community Development

  • Penyusunan panduan dan SOP Pengelolaan Pogram CSR/CD

  • Penyusunan CD Parameter

MANAJEMEN RISIKO SOSIAL UNTUK KELANCARAN INVESTASI

Risiko  sosial  didefinisikan  sebagai  dampak ketidakpastian  dari  faktor  eksternal  terhadap pencapaian  tujuan perusahaan.  Risiko  sosial sangat  berpengaruh  terhadap  keberlangsungan suatu  perusahaan.  Bila  tidak  diantisipasi  dan ditangani  sejak  dini,  risiko  sosial  dapat menyebabkan  potensi  kerugian  yang  signifikan, mulai  dari  potensi  kerugian  biaya  hingga terhentinya operasional perusahaan. Untuk memastikan bahwa risiko dapat teridentifikasi sejak awal dan terkelola dampaknya, kami Interdev dapat membantu perusahaan anda meningkatkan kinerja pengelolaan risiko sosial agar memiliki dampak terhadap keberlangsungan operasi bisnis perusahaan dengan beberapa produk yang kami tawarkan sebagai berikut:

  • Identifikasi dan social risk profile

  • Analisis risiko sosial berdasarkan ISO 31000 Risk Management

  • Penyusunan rencana strategi program dan teknik pengelolaan risiko sosial berdasarkan ISO 31000 Risk Management

  • Penyusunan panduan, SOP, dan tools sistem manajemen risiko sosial

  • Development sistem manajemen risiko sosial berbasis aplikasi

MONITORING DAN EVALUASI PROGRAM SOSIAL BERBASIS APLIKASI

Monitoring dan evaluasi adalah aspek fundamental dalam pengelolaan program yang baik dan komponen yang esensial di dalam siklus program. Monitoring dan evaluasi dapat digunakan untuk: menjaga kualitas, akuntabilitas, dan pembelajaran. Proses monitoring dan evaluasi dapat membantu tim program untuk mempelajari apa yang telah berjalan dan tidak berjalan dalam rangka untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan dan beradaptasi dengan apa yang telah ditemukan.

Untuk memastikan monitoring dan evaluasi dapat terencana dengan baik dan terukur seta dapat membantu pengelola program mengambil keputusan untuk melakukan perbaikan-perbaikan, kami Interdev dapat membantu perusahaan anda merancang desain perencanaan monev yang terintegrasi dengan perencanaan program dan berbasis kinerja agar mudah diukur keberhasilan dan ketercapaian program serta menggunakan aplikasi untuk memudahkan pengelola program mengetahui progress dan hasil program yang tengah dan telah diimplementasikan.

Berikut ragam produknya:

  • Penyusunan perencanaan monev yang diintegrasikan dengan perencanaan program

  • Develop aplikasi monev program

  • Penyusunan panduan dan SOP implementasi monev program

SOCIAL RETURN ON INVESTMENT (SROI)

Untuk melihat manfaat program sosial perusahaan yang diterima masyarakat dan stakeholder dinyatakan dengan SROI (Social Return On Investment). Untuk menghitung SROI dari suatu program sosial perusahaan harus mengacu kepada rencana strategis program (LFA- Logical Framework Approach) yang clear. Tantangan kinerja program menuntut perusahaan memiliki SROI forecase dari program yang sudah direncanakan berbasis LFA dan SROI evaluasi dari program sosial yang telah dilaksanakan untuk melihat manfaat dibanding biaya (investasi sosial) yang telah dikeluarkan. Laporan SROI ini dapat mudah difahami oleh Direksi dan Fungsi Keuangan, sehingga memperlancar komunikasi fungsi CSR dan bagian lainnya di internal.

Produk ini memuat : SROI forecaseting dan SROI evaluating.

PENGUKURAN KINERJA PROGRAM SOSIAL PERUSAHAAN

Perusahaan selalu butuh penilaian program sosial yang telah dan sedang dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana efektifitas, efesiensi, jangkauan manfaat dan keberlanjutannya. Penilaian dampak  program sosial pada perusahaan hal penting yang jarang dilakukan karena selama ini penilaian hanya dilakukan untuk mengukur kinerja management program sosial dengan fokus kinerja proses internal mulai assesment, perencanaan, implementasi dan pengendalian, digunakan tool monitoring dan evaluasi atau mengukur besaran manfaat program sosial (kepada stakeholder) terhadap biaya dengan menggunkana SROI (Social Return on Investment).

Untuk mengukur dampak  program sosial pada perusahaan harus terlebih dahulu dirumuskan strategi CSR dalam mendukung strategi binsis menggunakan BSC (Balanced Scorecard), disusun indikator kinerjanya. Dengan metode AHP dibuatkan simulasi bobot per faktor pendukung dampak program sosial pada perusahaan, sehingga dengan capaian program sosial tertentu dapat diukur dampak pada perusahaan sebesar apa, terutama ukuran penurunan gangguan, dan meningkatnya reputasi.