KEBERLANJUTAN

PENDAMPINGAN PROPER HIJAU DAN EMAS

PROPER yang telah dijalankan oleh Kementerian LHK selama 2 dekade telah menjadi standar keberlanjutan perusahaan untuk konteks di Indonesia dan tingkat partisipasi perusahaan dalam mengikuti PROPER setiap tahunnya terus meningkat. Dalam PROPER terdapat 5 level sebagai perusahaan yang berkelanjutan, dua level pertama yaitu hitam dan merah merupakan perusahaan yang belum taat pada regulasi, level ke-tiga yaitu biru merupakan perusahaan yang telah taat terhadap regulasi yang ada, dan level ke-empat dan ke lima yang tertinggi yaitu hijau dan emas merupakan perusahaan yang telah melakukan lebih dari yang dipersyarakatkan dalam regulasi. Dampak bagi perusahaan yang berhasil mencapai PROPER Hijau dan Emas yaitu dapat memperkuat reputasi perusahaan sebagai perusahaan inovatif dan peduli terhadap isu-isu keberlanjutan

Untuk meningkatkan kinerja perusahaan dalam pengelolaan lingkungan sesuai dengan kriteria PROPER Hijau dan Emas, kami dapat membantu klien untuk memenuhi kriteria penilaian PROPER Hijau dan Emas sesuai dengan Permen KLH No 3 Tahun 2014.

Produk yang kami tawarkan:

  • Review dan Desain PROPER Hijau dan Emas

  • Pendampingan Penyusunan Dokumen PROPER Hijau termasuk di dalamnya penyusunan DRKPL (Dokumen Ringkasan Kinerja Pengelolaan Lingkungan) dan penyusunan kajian benchmarking

  • Pendampingan pemenuhan kriteria PROPER Emas

PROGRAM CREATING SHARED VALUE (CSV)

Metode Creating Shared Value (CSV) yang kami tawarkan merujuk pada konsep yang dikembangkan Michael Porter dan Kremer (2011), dimaksudkan untuk memberikan solusi kepada perusahaan yang ingin mengintegrasikan target bisnis dengan komitmen sosial perusahaan untuk keberlanjutan dalam satu strategi yang padu dan utuh. Dimulai dari analisis  interaksi perusahaan dengan stakeholder dan isu sosial relevan, optimalisasi core competence perusahaan untuk memberikan solusi bisnis dan berakhir dengan strategi penciptaan atau inovasi program yang memberi manfaat ekonomi dan sosial secara bersamaan.

 Produk ini memuat : analisis interaksi perusahaan dengan stakeholder dan isu sosial relevan, analisis core-competence yang berpotensi menjadi solusi problem sosial tertentu, dan rumusan program strategis yang memberi manfaat ekonomi dan sosial sekaligus.

LAPORAN BERKELANJUTAN

Perusahaan yang memiliki komitmen kepada keberlanjutan melalui program sosial, ekonomi dan lingkungan dapat menyatakan diri dan melaporkannya kepada publik melalui kerangka GRI (Global Report Initiative). Kami dapat membantu perusahaan menyusun laporan keberlanjutan sesuai kerangka GRI G4.