HUBUNGAN STAKEHOLDER

STAKEHOLDER ENGAGEMENT

Beragamnya latar belakang, karekteristik, ekspektasi, dan kepentingan stakeholder terhadap perusahaan terkadang dapat menyulitkan perusahaan dalam memastikan kelancaran operasinya jika tidak dikenali, dipahami, dan dilibatkan oleh perusahaan. Untuk memastikan terbangunnya dukungan dan hubungan yang harmonis dengan stakeholder, kami hadir untuk membantu klien mengidentifikasi dan menganalisis stakeholder, menyusun perencanaan stakeholder engagement, mendevelop database dan tools stakeholder engagement, dan menyiapkan tim kerja anda untuk mengelola dan melibatkan stakeholder prioritas yang relevan.

Produk yang kami tawarkan:

  1. Pemetaan dan analisis stakeholder berdasarkan AA 1000 SES

  2. Perencanaan stakeholder engagement berdasarkan AA 1000 SES

  3. Development database dan tools stakeholder engagement berbasis aplikasi

  4. Pendampingan implementasi strategi stakeholder engagement

STRATEGI KOMUNIKASI STAKEHOLDER

Komunikasi menjadi kunci terbangunnya mutual trust, persepsi positif dan hubungan yang baik antara stakeholder dan perusahaan, komunikasi pun dapat menjadi tumpuan terbangunnya reputasi perusahaan yang baik. Kami hadir untuk membantu klien menyusun strategi komunikasi stakeholder yang terintegrasi dengan strategi bisnis perusahaan serta berbasis kinerja agar lebih mudah diukur ketercapaian dan keberhasilannya. Untuk mempermudah tim kerja anda dalam mengimplementasikan strategi komunikasi, kami juga dapat membantu klien menyusun panduan komunikasi stakeholder yang disesuaikan dengan karekteristik perusahaan anda. 

Produk yang kami tawarkan: 

  1. Study persepsi stakeholder

  2. Desain Strategi Komunikasi Corporate

  3. Penyusunan Panduan dan SOP komunikasi stakeholder

  4. Pengukuran keberhasilan strategi komunikasi stakeholder perusahan

SOCIAL LICENCE TO OPERATE INDEX (SLO INDEX)

Social Licence To Operate (SLO) Index merupakan ukuran yang menggambarkan tingkat penerimaan/pengakuan/izin dari masyarakat sekitar dan stakeholder terhadap sebuah project/perusahaan. SLO Index, adalah alat bantu yang bersifat multi dimensi dan mudah disesuaikan. Fokus utamanya adalah pada evaluasi dan pengukuran posisi, kekuatan dan dampak yang berpotensi ditimbulkan oleh stakeholder terhadap sebuah project/perusahaan.

Bagi sebuah perusahaan, pengukuran SLO Index penting dalam rangka:

  • Memberikan input bagi manajemen untuk memetakan potensi risiko sosial yang mungkin muncul

  • Memberikan input untuk penyusunan strategi dan kebijakan mitigasi risiko sosial

  • Memberikan input bagi penyusunan strategi dan kebijakan kehumasan

Produk yang kami tawarkan:

  1. Studi SLO Index

  2. Pengukuran komparatif (benchmarking) SLO Index dengan industry sejenis terbaik